Walikota Tagum Antusias Tingkatkan Kerja Sama dengan Indonesia

By Admin

nusakini.com--Untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, budaya dan wisata, Konsul Jenderal RI Davao City Berlian Napitupulu menemui Walikota dan pengusaha Tagum City (81 km Timur Laut Davao City), Mindanao Filipina Selatan. Tagum merupakan kota agroindustri utama di Mindanao dan memiliki perekenomian yang berkembang cukup dinamis setelah Davao City. 

Dalam pertemuan itu, Konjen RI dan staf bertemu dengan Walikota Tagum, Allan L. Rellon. Keduanya melakukan tukar informasi mengenai kondisi dan potensi kedua kerja sama, khususnya antara Tagum dan Sulawesi/Indonesia Timur. 

Kedua negara mempunyai banyak persaman budaya dan alam serta potensi ekonomi yang besar dan saling membutuhkan. Banyak produk Indonesia masuk di pasar Mindanao seperti produk konsumsi, bahan bangunan dan manufaktur, namun sebagian masih masuk melalui negara ketiga," Ungkap Konsul Jenderal Berlian Napitupulu. 

Dalam tanggapannya, Walikota Tagum menyatakan ketertarikan terhadap produk Indonesia. "Kami tertarik pada sejumlah produk Indonesia antara lain produk halal dan busana muslim, handycraft dan ban," Ujar Walikota Allan Rellon. 

Kedua pihak sepakat mendorong perdagangan langsung dan meningkatkan kontak, pertemuan dan saling kunjung antar pengusaha kedua negara. 

Walikota Rellon tertarik untuk memfasilitasi pengusaha setempat melakukan kunjungan bisnis ke Indonesia sekaligus menghadiri Indonesian Trade Expo di ICE Serpong tahun ini. "Saya akan dorong dan fasilitasi agar pengusaha Tagum berkunjung ke Indonesia tahun ini," tambah Walikota Rellon. 

Kedua pihak juga sepakat untuk mendukung people-to-people contact dan kunjungan wisata. 

"Mungkin kita bisa mengunjungi Jakarta dan Bali serta membeli sejumlah produk Indonesia," imbuh Walikota Tagum tersebut. 

"Untuk mempromosikan budaya, wisata dan ekonomi Indonesia, kami akan berpartisipasi dalam Musikahan Festival di Tagum City pada 7 Maret 2028. Kami mempromosikan produk Indonesia dan potensi pariwisata Indonesia pada Festival dan HUT Kota Tagum itu,. 

“Gayung bersambut, tampaknya rencana promosi ini mendapat apresiasi dari Walikota. Momen ini adalah kesempatan yang bagus untuk Indonesia untuk mempromosikan potensi perdagangan dan investasi Indonesia, sekaligus menampilkan keaneragaman seni budaya Indonesia untuk menarik wisatwan Filipina berkunjung ke Indonesia" pungkas Konjen Berlian dalam pertemuan tersebut.​ (p/ab)